Minggu, 07 Mei 2017

Kegiatan MGMP 1

APA ISI KEGIATAN MGMP

Beberapa rekan guru dan pengurus MGMP masih banyak yang mempertanyakan program kegiatan MGMP. Banyak pula yang masih tenggelan dalam kegiatan rutin, sehingga esensi MGMP itu sendiri menjadi kabur. Ada baiknya disimak apa dan bagaimana mengelola program MGMP sesuai dengan SOP MGMP.
Program
Program MGMP pada dasarnya merupakan bagian utama dalam pengembangan MGMP. Program tersebut harus selalu merujuk pada usaha peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru.

Untuk itu setiap program dan kegiatan MGMP diharapkan memiliki kerangka program yang mencakup hal‐hal sebagai berikut:

1. Kerangka dasar dan struktur program kegiatan MGMP
Kerangka dasar program kegiatan MGMP merujuk kepada pencapaian empat kompetensi guru, yaitu
- kompetensi profesional,
- kompetensi pedagogik,
- kompetensi sosial, dan
- kompetensi kepribadian.

2. Struktur Program
Struktur program kegiatan MGMP terdiri dari program umum, program inti/pokok, dan program penunjang dengan uraian sebagai berikut.

a. Program umum adalah program yang bertujuan untuk memberikan wawasan kepada guru tentang kebijakan‐kebijakan pendidikan di tingkat daerah sampai pusat, seperti kebijakan terkait dengan pengembangan profesionalisme guru.
b. Program inti adalah program‐program utama yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas kompetensi dan profesionalisme guru. Program inti dapat dikelompokkan ke dalam program rutin dan program pengembangan.

1) Program rutin terdiri dari:
a) Diskusi permasalahan pembelajaran.
b) Penyusunan dan pengembangan silabus, program semester, dan rencana program
pembelajaran.
c) Analisis kurikulum
d) Penyusunan laporan hasil belajar siswa.
e) Pendalaman materi.
f) Pelatihan terkait dengan penguasaan materi yang mendukung tugas mengajar.
g) Pembahasan materi dan pemantapan menghadapi USBN dan Ujian Madrasah
 2) Program pengembangan dapat dipilih sekurangkurangnya lima dari kegiatan‐kegiatan berikut.
a) Penelitian, diantaranya Penelitian Tindakan Kelas/Studi Kasus.
b) Penulisan Karya Ilmiah.
c) Seminar, lokakarya, kolokium (paparan hasil penelitian), dan diskusi panel.
d) Pendidikan dan pelatihan berjenjang (diklat berjenjang).
e) Penerbitan jurnal dan buletin MGMP.
f) Penyusunan dan pengembangan website MGMP.
g) Kompetisi kinerja guru.
h) Pendampingan pelaksanaan tugas guru oleh pembimbing/tutor/ instruktur/ fasilitator di
MGMP.
i) Lesson study (suatu pengkajian praktik pembelajaran yang memiliki tiga komponen yaitu
plan, do, see yang dalam pelaksanaannya harus terjadi kolaborasi antara pakar, guru
pelaksana, dan guru mitra).
j) Profesional Learning Community (komunitas belajar profesional)
k) TIPD (Teachers International Profesional Development)
l) Global Gateaway
m) Program lain yang sesuai dengan kebutuhan setempat.


c. Program penunjang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan peserta MGMP dengan materi‐materi yang bersifat penunjang seperti bahasa asing, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dll.
Demikian beberapa catatan untuk diskusi teman-teman MGMP, semoga bermanfaat !
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi

Terima kasih kami sampaikan kepada rekan-rekan yang telah menyumbangkan ide-ide dan masukan kepada blog ini.
Copyright © MGMP PKN | Powered by Media Utama Design by tablik1212 | Blogger Theme by toha-mansa